iklan

Bakmi Jowo Mbah Gito: Sedep Tenan! Bakmi Godog Berkuah Gurih dan Magelangan

Foto: DetikfoodFoto: Detikfood

Jakarta - Yogyakarta terkenal dengan sajian bakmi Jawa. Seperti rumah makan populer ini yang menyediakan bakmi kuah gurih maupun magelangan yang enak.

Mampir ke Jogja rasanya tak lengkap tanpa mencoba sepiring bakmi hangat. Di sana penjual bakmi mampu ditemui di aneka macam sudut kota.

Ada beberapa yang namanya cukup populer. Salah satunya Bakmi Jowo Mbah Gito di daerah Kotagede.

Bakmi Jowo Mbah Gito: Sedep Tenan! Bakmi Godog Berkuah Gurih dan MagelanganFoto: Detikfood


Bakmi Mbah Gito menunjukkan nuansa tradisional dengan pencahayaan temaram. Hampir seluruh interiornya memakai kayu. Bahkan dalam bentuk pohon di tengah restoran. Pelengkap ornamen Jawa menambah kekhasan rumah makan.

Tempat ini tak pernah sepi pengunjung. Baik di meja maupun lesehan. Saat kami datang di malam hari, perlu menunggu sesaat untuk mendapat tempat duduk. Nantinya staf berpakaian lurik akan mengarahkan pengunjung.

Untuk menunya, ada pilihan bakmi, nasi goreng, magelangan dan capcay. Uniknya tersedia juga ayam rica-rica.

Sudah berada di sini, tentu kami tidak melewatkan Bakmi Godog Kuning (Rp 25.000) dan Magelangan (Rp 20.000). Ramainya pengunjung membuat kami harus menunggu cukup lama hingga makanan tiba.

Bakmi Jowo Mbah Gito: Sedep Tenan! Bakmi Godog Berkuah Gurih dan MagelanganFoto: Detikfood


Bakmi godog yang tersaji dalam piring mengeluarkan harum menggoda. Asap mengepul dari permukaan mie rebus itu. Terlihat ada selipan daun bawang, telur, suwiran ayam, seledri, kol dan bawang goreng.

Ketika disuap, rasa hangat eksklusif menjalari tubuh. Kuahnya begitu gurih sedap. Ada cecapan bawang putih hingga kemiri. Nikmat disuap dengan mie kuning lembut dan ayam kampung empuk.

Kelebihan dari bakmi racikan mbah Gito yaitu penggunaan telur bebek. Sehingga rasa gurihnya membuat satu piring licin tak bersisa.

Selanjutnya kami mencicip magelangan yang diracik dari campuran nasi goreng dan mie goreng. Magelangan dilengkapi kerupuk dan irisan mentimun.

Bakmi Jowo Mbah Gito: Sedep Tenan! Bakmi Godog Berkuah Gurih dan MagelanganFoto: Detikfood


Rasa nasi goreng dan mie gorengnya sama-sama gurih. Bumbunya berempah sedikit pedas. Cocok dimakan bersama dengan irisan seledri dan bawang goreng.

Bagi penyuka bakmi Jawa atau magelangan, sayang kalau melewatkan tempat ini kalau sedang berada di Jogja. Apalagi mampu makan sajian tersebut sambil didampingi jahe gepuk atau teh poci.

Bakmi Jowo Mbah Gito
Jl. Nyi Ageng Nis No. 9
Rejowinangun
Kota Gede
Yogyakarta
Telp: 0852-2840-8800


Subscribe to receive free email updates: