iklan

Dikunjungi Jokowi, Ini 6 Hidangan Khas Sumba dari Ayam Kampung Hingga Nasi Jagung

Foto: Ilustrasi detikFoodFoto: Ilustrasi detikFood

Jakarta - Pagi ini, Presiden Joko Widodo berangkat ke Sumba, Nusa Tenggara Timur. Selain budaya dan keindahan alamnya, ternyata Sumba juga punya makanan enak yang khas. Apa saja?

Kehadirannya Presiden Jokowi ini ialah untuk menghadiri Festival Tenun Ikat dan juga akan membuka Parade 1.001 Kuda Sandelwood di Tambolaka. Memiliki keindangan alam dan masakan yang belum banyak terekspos ini justru menambah keelokannya.

Baca juga: Kehadiran Jokowi, Bentuk Pengakuan Pada Budaya Berkuda di Sumba

Masyarakat Sumba.Masyarakat Sumba. Foto: (Petrus Ola/detikTravel)

Sumba Barat memiliki banyak sekali jenis makanan rumahan yang enak. Walau agak sulit ditemui, ternyata 6 makanan tradisional ini wajib Anda cicip dikala berkunjung ke Sumba.

1. Manu Pata'u Ni

Ayam berempah yang disajikan dengan santan.Ayam berempah yang disajikan dengan santan. Foto: Master Resep

Manu Pata'u Ni ialah penyebutan untuk masakan ini. Manu Pata'u Ni merupakan masakan yang terbuat dari ayam kampung yang dimasak dengan campuran santan. Disajikan secara terpisah, daging ayam kampunya dimasak sampai empuk dan bumbunya meresap sampai ke dalam.

Sajian ayam ini menjadi salah satu menu khas yang sering disuguhkan untuk tamu yang datang. Untuk penyajiannya tentu ada caranya, masyarakat Sumba biasanya menyajikan hidangan ini dengan dua cara. Pertama ayam mampu diberikan pada tamu, kemudian tamu akan merobek salah satu bab ayam misalnya paha. Bagian inilah yang akan dikembalikan oleh tamu kepada tuan rumah.

Sisanya untuk tamu dan kalau tak habis, tamu harus membawa pulang sisa makanan tersebut. Cara ini berasal dari filosofi budaya zaman dulu yang bermaksud saling mengharagai dan tidak menyisakan makanan semoga rezekinya terus lancar.

2. Nga'a Watary Patau Kabbe

Nasi jagung khas Sumba yang enak dinikmati dengan ayam santan.Nasi jagung khas Sumba yang enak dinikmati dengan ayam santan. Foto: Ilustrasi detikFood

Nga'a Watary Patau Kabbe ialah sejenis nasi jagung yang cocok dinikmati bersama dengan lauk menyerupai ayam kampung. Nasi jagung ini tidak dibuat dengan 100 persen jagung, melainkan dicampur dengan beberapa jenis kacang-kacangan menyerupai kacang merah.

Nasi jagung juga menjadi salah satu makanan pokok masyarakat Nusa Tenggara Timur. Dalam proses pembautannya jagung yang digiling dimasak bersama dengan nasi putih yang dicampur dengan kacang-kacangan. Masyarakat Sumba biasanya menikmati nasi jagung bersama dengan aneka sayur berkuah dan juga ayam.

3. Daun Ubi

Sayur daun ubi dan santan.Sayur daun ubi dan santan. Foto: Ilustrasi detikFood

Daun ubi menjadi salah satu makanan yang banyak dijual di Sumba Barat. Daun ubi ini ialah kombinasi antara daun singkong dan beras yang sudah ditumbuk. Setelah itu direbus dan dicampurkan dengan santan. Enak disajikan hangat-hangat.

Sayuran ini punya tekstur yang kental dengan rasa pedas yang ringan. Cocok untuk menghangatkan tubuh.

4. Sayur Rumpu Rampe

Sayur rumpu-rampe yang diolah dengan banyak sekali jenis sayuran.Sayur rumpu-rampe yang diolah dengan banyak sekali jenis sayuran. Foto: Kumpulan Resep Masakan

Dikenal sebagai sayuran kaya serat, sayuran Rumpu Rampe ini menjadi salah satu sayuran tumis yang sering disajikan di rumah. Diolah dengan campuran daun singkong, daun pepaya, kembang pepaya, jantung pisang sampai cabai. Untuk menambah rasa gurih, beberapa orang juga menambahkannya dengan teri yang gurih.

Diolah dengan beragam jenis sayuran, Sayur Rumpu Rampe dikenal tinggi serat sehingga baik untuk kesehatan.

5. Ka'pu Pantunnu

Sayur jantung pisang khas Sumba, NTT.Sayur jantung pisang khas Sumba, NTT. Foto: Kulinesia

Sajian ini terbuat dari jantung pisang. Potongan jantung pisang muda dibakar dan diracik dengan campuran parutan kelapa yang sudah dipanggang. Diracik dengan aneka rempah khas Sumba, semakin beraroma wangi ketika dicampur dengan cuilan daun kemangi yang wangi.

Enak dinikmati bersama nasi jagung plus ikan bakar. Tertarik mencoba?

6. Manggulu

Manggulu khas Sumba.Manggulu khas Sumba. Foto: Konservasi Indonesia

Manggulu menjadi salah satu hidangan manis yang paling khas di tempat ini. Selain manis, kudapan manis ini ternyata juga didominasi oleh rasa asam. Manggulu terbuat dari pisang, gula merah dan kacang tanah. Proses pembuatannya cukup lama, pisang perlu dijemur selama 3 hari kemudian di tumbuk dan dicampurkan ke dalam gula merah dan kacang tanah tumbuk yang sudah sangrai.

Campurkan semua bahannya dan bentuk memanjang. Kue ini biasanya dibungkus dengan daun pisang atau daun lontar.

7. Kadapet Watara

Kadapet watara, kudapan enak khas Sumba.Kadapet watara, kudapan enak khas Sumba. Foto: Sobat Info

Kudapan khas Sumba yang satu ini terbuat dari campuran jagung, kacang tanah dan juga pisang. Dibungkus dengan daun jagung, adonan dari materi tersebut dibentuk bundar dan dibungkus rapih sehingga mudah dibawa.

Baca juga: Pagi ini Jokowi Bertolak ke NTT untuk Hadiri Festival Tenun

Subscribe to receive free email updates: