iklan

Legitnya Brownies Balok dari Garut yang Lumer di Mulut

Foto: Hakim GhaniFoto: Hakim Ghani

Jakarta - Kuliner dari Garut memang tidak ada habisnya. Selain aneka macam macam olahan dodol dan makanan berbahan daging domba, kini hadir camilan baru, kudapan manis balok.

Kue balok merupakan makanan legendaris khas tanah Pasundan yang mampu kita jumpai di mana saja. Namun, olahan kudapan manis balok dari Garut ini tidak biasa. Kue balok ini berbahan dasar adonan brownies.

Proses pembuatan kudapan manis balok brownies ini tidaklah sulit. Adonan brownies yang telah diberi air, dicampur dengan telur,susu, dan materi pemanis lainnya. Selanjutnya, bahan-bahan tadi di campur menggunakan

Penjual kudapan manis balok brownies.Penjual kudapan manis balok brownies. Foto: Hakim Ghani

Baca Juga : Empuk Legit Kue Balok Legendaris di Pasar Lembang

Setelah itu, adonan kemudian dimasukan ke dalam cetakan berbentuk persegi panjang. Saat adonan telah tertuang setengah dari cetakan, kemudian ditambahkan coklat cair di tengah-tengah adonan dan kemudian dibakar.

Namun, tidak menyerupai kudapan manis balok umumnya yang dibakar di atas kompor, kudapan manis balok di sini dibakar di atas api yang berasal dari arang yang membuat aroma kudapan manis balok menjadi khas.

Kue balok itu dibakar setengah matang, hanya selama 3 menit saja, biar coklat cair yang diletakan di tengah-tengah adonan menjadi meleleh dan lumer dikala dimakan.

Kue balok modern.Kue balok modern. Foto: Hakim Ghani

Kue balok yang sudah masak kemudian pribadi dimasukan ke dalam boks untuk dijual. Kue balok brownies ini lebih enak dimakan dikala masih panas. Biasanya kudapan manis balok nan legit ini disantap bersama kopi atau teh panas.

Baca Juga: Jangan Tinggalkan Garut Tanpa Menyantap Sate Dombrut yang Empuk Juicy!

Di Garut sendiri, belum banyak pedagang yang menyediakan menu yang dikala ini menjadi buruan kaula muda ini. Menu ini tersaji salah satunya di Warung Kue Balok Q'Anom.

Warung kudapan manis balok Q'Anom milik Cecep Rustandi ini setiap harinya selalu ramai diserbu pengunjung. Bahkan, antrean panjang para konsumen sering terjadi di sini. Tak ayal, Cecep harus menggunakan nomor antrean untuk mengatur para pembeli biar tidak rebutan.

Kue balok brownies yang legit manis.Kue balok brownies yang legit manis. Foto: Hakim Ghani

Kue balok brownies ini hanya dipatok Rp 20 ribu per porsinya. Di setiap porsi, berisikan 8 kudapan manis balok brownies. Anda dapat menerima kudapan manis balok ini di Warung Kue Balok Brownies Q'Anom yang terletak di Jalan Rancabango, Desa Cimanganten, Tarogong Kaler, Garut.

"Sehari itu rata-rata mampu kejual 15-20 bejana besar. Ya jika jumlah kuenya lebih dari dua ribu," kata Cecep kepada detikcom di Warung Kue Balok miliknya, di Jalan Rancabango, Tarogong Kaler, Garut, Minggu (16/7) sore.

Subscribe to receive free email updates: