iklan

Sedang Dikembangkan Kimchi Tanpa Aroma Tajam untuk Pasar Mancanegara

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Banyak orang tak suka wangi kimchi yang khas. Para peneliti di Korea Selatan pun sedang membuatkan kimchi tanpa aroma.

Dikabarkan The Washington Post (22/6), peneliti World Institute of Kimchi di Gwangju mengatakan sedang membuatkan kimchi tanpa aroma dan rasa yang tajam. "Kami sedang berusaha membuat kimchi mengglobal," ujar Ha Jae-ho selaku pimpinan institut.

Kimchi sendiri merupakan fermentasi sayuran populer dari Korea Selatan. Bukan hanya sawi, kimchi juga mampu dibuat dari mentimun, bawang bombay dan sayuran hijau.

Baca Juga: Korea Selatan Berhasil Gunakan Kimchi untuk Diplomasi Kuliner

Pembuatan kimchi.Pembuatan kimchi. Foto: iStock
Sayuran digarami lalu dibaluri abu cabai, bawang putih, jahe dan daun bawang. Racikan kimchi ini lalu didiamkan untuk proses fermentasi. Semakin lama proses ini maka semakin tajam aroma maupun rasa asam kimchi yang dihasilkan.

Di Barat, kimchi semkain populer meskipun makanan ini disebut-sebut membuat orang menutup hidung ketika memakannya. Hal ini dikatakan Johanna Mendelson Froman, profesor gastrodiplomacy dari American University.

Mengenai penjualan, kimchi di Barat tergolong masih sulit dipasarkan alasannya yaitu aroma dan rasanya yang terlalu tajam tadi. Berangkat dari hal ini, peneliti coba meningkatkan penggunakan kuman baik terutama asam laktat dalam pembuatan kimchi.

Baca Juga: Dakjuk dan Kimchi Kaprikornus Menu Sarapan Sehat Orang Korea (1)

Kimchi Korea.Kimchi Korea. Foto: iStock
Sementara kuman buruk, penggunaannya dikurangi sehingga aroma kimchi yang tajam mampu dihilangkan. "Kebanyakan orang Barat tidak suka aroma kimchi alasannya yaitu kita menggunakan banyak bawang putih dan jahe. Keduanya menghasilkan banyak senyawa sulfur," terang Ha.

Salah seorang peneliti, Lee Mi-ae menjelaskan sebetulnya sulit menghilangkan aroma tajam pada kimchi. Ini alasannya yaitu rasanya akan ikut terpengaruh.

Sebagai solusi, Ha pun merekomendasikan pembuatan "starter kimchi." Rsanya lebih lembut, dibuat dari sawi tanpa penggunaan abu cabai.

Subscribe to receive free email updates: