iklan

Palupi Barata: Uenaake Rek! Bebek Goreng Renyah Dicocol Sambal Pencit

Foto: DetikfoodFoto: Detikfood

Jakarta - Surabaya terkenal dengan nasi begor. Tidak ketinggalan cocolan sambalnya yang pedas menyengat. Di daerah ini Anda mampu menikmati keduanya. Dijamin keringat mengucur!

Di Jl. Baratajaya ada rumah makan "Palupi Barata". Tempat ini punya andalan menu bebek, ayam dan aneka sambal.

Melihat menunya, Palupi Barata yang tampak sederhana menyampaikan pilihan Bebek Sambal Neraka, Bebek Sambal Pencit, dan Bebek Bakar Spesial. Sementara sajian ayam tak jauh berbeda dengan bebek.

Foto: Detikfood


Selain itu ada juga aneka penyet, mulai dari iga, gurami, bakso, siomay hingga terong. Cah kangkung, sup buntut dan nasi rawon ikut disediakan rumah makan.

Saat mendatangi Palupi Barata, kami memesan Bebek Sambal Pencit (Rp 23.000) dan Ayam Bakar Spesial (Rp 18.000). Tentu saja kami lengkapi dengan Nasi Putih (Rp 5.000).

Kedua makanan datang bersamaan ke meja kami. Pada piring terlihat nasi diberi bab paha bebek, mentimun daun kemangi dan sambal pencit.

Foto: Detikfood


Bebek yang digoreng hingga kecokelatan aromanya gurih enak. Rasanya gurih dengan bumbu meresap. Kulitnya renyah dengan bab daging empuk. Tidak ada kedaluwarsa busuk yang mengganggu dari angsa ini.

Sedangkan sambal pencit terasa begitu pedas menyengat. Pada sambal terlihat gerusan bawang dan cabai rawit. Ada jejak segar asam dari penggunaan cincangan pencit alias mangga muda. Tentunya sedap bagi penyuka pedas. Cocok dimakan dengan daging bebek.

Bagi kami juaranya yakni bumbu kuning yang tersedia di tiap meja. Bumbu berminyak ini terasa gurih alasannya yakni merupakan bumbu ungkep untuk angsa dan ayam. Membuat nafsu makan semakin bertambah. Mantap!

Foto: Detikfood


Karena sudah mencoba olahan goreng, kami beralih ke ayam panggang spesial. Ayam panggang tampak diberi baluran bumbu merah kental. Aroma smoky bakaran tercium dari olahan ini.

Tekstur ayam empuk dan rasanya gurih. Bumbu kemerahannya terasa pedas-pedas manis. Seperti ada pemakaian gula merah. Sedikit mengingatkan akan ayam bumbu rujak.

Foto: Detikfood


Nah jikalau sedang di Surabaya, Palupi Barata mampu jadi salah satu pilihan Anda menyantap angsa atau ayam. Lokasinya ada juga di Jl. Kutisari Indah Selatan, Foodcourt Royal Plaza, Foodcourt CITO, dan Foodcourt ITC.

Palupi Barat
Jl. Baratajaya XX/110
Surabaya
Telp: 031-5040064


Subscribe to receive free email updates: