iklan

Menikmati Hidangan Prancis Artistik dengan Paduan Bahan Makanan Lokal

Keju Burrata dengan Saus Bit dan Terong Belanda (Foto: dok. detikFood)Keju Burrata dengan Saus Bit dan Terong Belanda (Foto: dok. detikFood)

Jakarta - Yann Bernard Lejard (YBL) dikenal dengan karya artistiknya. Kali ini ia membuat hidangan Prancis menggunakan materi makanan lokal premium dari Indonesia. Cantik dan unik!

Menyantap hidangan buatan Yann Bernard Lejard bukan hanya memanjakan indera perasa. Pasalnya hidangan chef dengan sebutan populer YBL ini juga memikat mata dengan ukiran seni yang indah.

Ia mengakibatkan piring layaknya kanvas yang mampu dilukis dengan aneka warna cantik. Tentunya menggunakan bahan-bahan lezat sekaligus aman dimakan.

Menikmati Hidangan Prancis Artistik dengan Paduan Bahan Makanan LokalAksi YBL Saat Meracik Hidangan (Foto: dok. detikFood)

Tahun ini YBL hadir kembali untuk ketiga kalinya di The Ritz-Carlton Jakarta, Pacific Place. Bersama Dilmah, YBL menggelar Tea Inspired Dinner malam ini (26/7). Menu yang dihadirkan terinspirasi ragam rasa teh Dilmah Silver Jubilee Gourmet.

Selanjutnya pada 27-30 Juli 2017, YBL membuat restoran pop-up berkonsep Unity in Diversity di The Ritz-Carlton, Pacific Place. Kuliner Prancis akan dibuat dengan paduan materi makanan lokal Indonesia berkualitas premium.

detikFood (25/7) berkesempatan mencicip 5 hidangan buatannya. Untuk hidangan pembuka YBL menyajikan keju burrata lokal berbahan susu sapi. Teksturnya kenyal lembut seakan-akan mozzarella.

Di atas piring putih ia mulai menggoreskan saus bit berwarna pink cerah. "Warna terang itu penting untuk mencuri perhatian. Hidangan pembuka memang harus menarik hati dan membuat orang-orang penasaran," ujar YBL.

Keju burratta lalu disirami saus French vinaigrette yang ditempatkan dalam terong Belanda. Rasanya asam segar, melengkapi gurihnya keju. Pelengkap lainnya berupa bunga basil, salt flakes, minyak zaitun, rempeyek dan parutan keju lemon (zest).

Menikmati Hidangan Prancis Artistik dengan Paduan Bahan Makanan LokalGurita dari Lombok Disajikan bersama Sorbet Kedondong oleh YBL (Foto: dok. detikFood)

"Untuk hidangan selanjutnya aku memakai gurita dari Lombok," terang YBL. Gurita yang dipanggang lalu disajikan dengan sorbet kedondong, saus strawberry dan saus lemon warna hitam. Tampilannya mencolok alasannya yaitu ukiran merah dan hitamnya kontras.

YBL turut menyajikan risotto creamy yang didampingi poached eggs, bayam dan jamur enoki. Semakin enak alasannya yaitu diberi saus jamur dan truffle.

Terakhir, dada ayam diberi bumbu cajun oleh YBL. Ia lalu menyajikannya dengan mashed potato, baby carrot, bawang bombay panggang, saus jeruk dan madu hitam dari Sumatera.

Menikmati Hidangan Prancis Artistik dengan Paduan Bahan Makanan LokalHidangan Dada Ayam Berbumbu Cajun Nan Artistik Buatan YBL (Foto: dok. detikFood)

Saat ditanya soal inspirasi, YBL berujar, "Inspirasinya merupakan improvisasi dari hati. Kalau mikir terlalu banyak, Anda kehilangan diri Anda sendiri," terang chef ramah ini.

Nah, jikalau ingin mencicip sajian artistik YBL, Anda mampu mampir ke restoran pop-upnya di The Ritz-Carlton Ballroom, lantai 4. Informasi dan reservasi mampu mengontak 021 2550 1993.

Subscribe to receive free email updates: