iklan

Bola-bola Ubi Kopong, Jajanan Ndeso yang Mendadak Hits

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Bola-bola ubi kuning dan ungu ternyata kini sedang hits. Padahal bola-bola ubi ini ialah jajanan tradisional yang sudah ada semenjak dulu. Bagaimana ya rasanya?

Bagi Anda pecinta jajanan tradisional terutama umbi-umbian wajib coba camilan yang satu ini. Ubi kuning ataupun ungu ternyata mampu diolah jadi camilan enak. Umbi merupakan salah satu materi makanan asal Indonesia yang tinggi akan karbohidrat yang serat, biasanya dijadikan sebagai pengganti nasi dan juga camilan.

Baca juga: Mau Camilan Sehat? Bikin Saja Bola-bola Ubi Tabur Kelapa Ini

Ubi kuning kukus yang mampu diolah menjadi bola-bola ubi.Ubi kuning yang mampu diolah menjadi bola-bola ubi. Foto: iStock


Bola-bola ubi kopong ini ialah jajanan khas Kota Bandung. Di Bandung, Anda mampu menemukan jajanan ini di beberapa tempat yang ramai menyerupai Dago sampai tempat lainnya yang ramai dengan gerobak.

Bola-bola ubi ini terbuat dari campuran ubi kukus, tepung tapioka dan gula bubuk. Campuran ini kemudian diaduk sampai tercampur rata, setelah itu adonannya dipipihkan. Aslinya, bola-bola ubi disajikan polos. Akan tetapi seiring dengan berkembangnya ilmu kuliner, bola-bola ubi banyak yang disajikan dengan aneka isian menyerupai gula merah, cokelat sampai keju.

Agar bola-bola ubinya mengembang, ketika menggoreng sebaiknya posisi minyak sudah panas dan adonan terendam sempurna. Setelah di goreng beberapa ketika dan bolanya sudah berkulit, sebaiknya aduk-aduk dan agak sedikit ditekan biar bola-bola ubinya mengembang.

Bola-bola ubi kuning dan bola ubi pandan.Bola-bola ubi kuning dan bola ubi pandan. Foto: Instagram Bobby Bola Ubi

Kini, kalau mencari informasi mengenai bola-bola ubi di sosial media akan ada satu gerai yang muncul yaitu Bobby Bola Ubi. Di sini Anda mampu menikmati bola-bola ubi dengan perpaduan rasa yang kekinian yaitu bola ubi dengan bubuk milo ataupun bola-bola ubi dengan campuran rasa pandan yang enak. Gerai ini berada di Tanjung Duren Utara, Binus Syahdan, UNTAR 1 dan juga Cibubur.

Baca juga: Bikin Sendiri Camilan Bola-bola Ubi Ungu dengan 4 Langkah Ini

Walaupun begitu, bola-bola ubi juga mampu Anda temukan di banyak tempat, salah satunya ialah penjual gorengan. Biasanya bola-bola ubi dijual dengan harga Rp 10.000 dengan isi sekitar 12 buah bola-bola ubi. Mau coba?

Subscribe to receive free email updates: