iklan

Lomba Ikan Nusantara untuk Populerkan Konsumsi Ikan Lebih Luas

Foto: dok. detikFoodFoto: dok. detikFood

Jakarta - Sebagai negara maritim, Indonesia punya garis pantai terpanjang kedua di dunia. Hasil laut berlimpah tentunya perlu diolah dan disajikan dengan cara menarik.

Untuk menyambut 72 tahun kemerdekaan Indonesia, Sekertariat Negara bersama dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kantor Staf Presiden serta Kementerian Pariwisata berkerja sama menggelar lomba memasak ikan nusantara.

"Ikan itu mengandung banyak protein dan nutrisi yang diharapkan tubuh. Akan tetapi konsumsi ikan pada masyarakat Indonesia masih rendah dibandingkan dengan negara lain. Padahal ikan merupakan salah satu sumber kekayaan melimpah yang dimiliki negara. Selain itu ikan jauh lebih sehat dari daging. Selain dapat menyehatkan tubuh, ikan juga membantu kecerdasan otak," jelas Anung Sugihartono, selaku Direktur Jendral Kesehatan Masyarakat Kemenkes, pada program jumpa pers Lomba Masak Ikan Nusantara di tempat Thamrin, Jakarta (10/08/17).

Lomba Ikan Nusantara untuk Populerkan Konsumsi Ikan Lebih LuasFoto: dok. detikFood

Kementerian Pariwisata juga melihat ikan sebagai salah satu potensi yang besar dalam bidang wisata. Sektor wisata sangat dibantu dengan adanya masakan yang dianggap sebagai ujung tombak pariwisata di Indonesia. Dari Batam, Gorontalo, Biak Papua, Pontianak, sampai Jakarta telah terpilih 10 koki terbaik dengan hidangan olahan ikan kreativitas mereka.

Sebelumnya telah dilakukan audisi. Hebatnya tidak hanya koki profesional saja, tapi kalangan ibu rumah tangga sampai pelajar juga ikut serta. Hasilnya, banyak jenis hidangan olahan ikan dan hidangan laut yang unik dan juga lezat. Salah satunya menyerupai Ikan Gabus Woku Bumbu Kuning asal salah satu finalis dari Gorontalo.

Lomba Ikan Nusantara untuk Populerkan Konsumsi Ikan Lebih LuasFoto: dok. detikFood

Ada juga Ikan Saus Kribang Daun Kesum Tabur Serundeng dari finalis asal Pontianak. Masakan kesepuluh finalis ini akan dihadirkan dalam program 'Taste of Indonesia' yang diselenggarakan di Lippo Mall Kemang besok 11 Agustus 2017. Nantinya, 10 finalis ini akan bersaing untuk merebutkan juara pertama . Sang juara akan menerima kesempatan menyajikan hidangan spesial untuk Presiden RI, Joko Widodo, pada perayaan hari kemerdekaan tanggal 17 Agustus nanti di Istana Negara.

Presiden Jokowi sendiri terkenal menyukai makanan tradisional dan sudah tidak tabah untuk merasakan olahan ikan dari pemenang Lomba Masak Ikan Nusantara ini. "Presiden sudah menantikan hasil kreasi masakan ikan dari masyarakat. Beliau akan mencicipinya pada tanggal 17 Agustus nanti," ungkap Teten Masduki, selaku kepala Staff Kepresidenan.

Subscribe to receive free email updates: