iklan

Yang Rou Chuan, Olahan Sate Kambing Enak Racikan Muslim di China

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Di China ada sate enak yang berbahan domba sampai kambing. Menu ini banyak dibuat oleh minoritas muslim di sana.

Chuan atau chuan'r merupakan pecahan daging panggang yang disusun dalam tusukan. Tampilannya ibarat sate atau shish kebab dari Timur Tengah.

Menu chuan berasal dari wilayah Xinjiang. Pertama dibuat oleh kaum minoritas Uyghur. Kemudian menyebar ke Xi'an, Beijing, Tianjin, Jinan dan Jilin. Makanan tersebut jadi jajanan kaki lima populer.

<i>Yang Rou Chuan</i>, Olahan Sate Kambing Enak Racikan Muslim di ChinaFoto: iStock

Baca juga: Xian, Surga Kuliner Halal di China

Terdapat banyak sekali olahan chuan. Namun secara tradisional chuan memakai domba atau kambing. Sehingga dikenal dengan nama Yang Rou Chuan.

Dalam pembuatannya, pecahan daging dipanggang memakai tusukan. Proses ini menggunakan arang atau kadang pemanas elektrik.

Untuk bumbu, chuan mampu diberi rempah sesuai keinginan. Tapi umumnya ada taburan bumbu dari jintan, bubuk cabai merah kering, garam, lada hitam, wijen dan minyak wijen.

<i>Yang Rou Chuan</i>, Olahan Sate Kambing Enak Racikan Muslim di ChinaFoto: iStock

Baca juga:
China Subsidi Daging Halal Bagi Etnis Muslim Minoritas

Kepopuleran yang rou chuan, memunculkan versi lain. Ada penjual yang memanfaatkan daging ayam, sapi, seafood, jeroan bahkan versi non-halal ibarat daging babi. Beberapa kawasan di area turis menjual juga chuan berisi serangga, burung atau hewan eksotis lainnya.

Di Tianjin dan Jian, chuan disajikan dengan roti lingkaran kecil atau xian bing. Roti ini dipanggang bersama rempah yang sama dengan chuan. Setelah memasak roti dan daging, roti dibelah kemudian daging chuan diisi ke dalamnya.

Selain chuan, China juga mengenal olahan domba atau kambing lainnya. Di Muslim Quarter kota Xi'an, misalnya terdapat dumpling berisi cincangan daging kambing. Ada juga sup dengan isian mie dan irisan kambing.

Subscribe to receive free email updates: