iklan

Di Festival Kuliner Nusantara Ini Ada Makanan Khas dari 10 Provinsi

Foto: detikfoodFoto: detikfood

Jakarta - Wisata masakan mampu Anda lakukan di Festival Kuliner Nusantara ini. Ada rendang jengkol, sate bandeng sampai apeng colo yang mampu Anda cicipi di sini.

Sukses menggelar Festival Kuliner Nusantara di Jogja tahun lalu, Kementerian Parawisata kembali menggelar kembali featival ini di Jakarta. Kali ini dengan menyajikan 50 sajian tradisional khas Indonesia.

Pada Sabtu sampai hari Minggu (06/08/17), warga Jakarta mampu merasakan ragam masakan tradisional dari 10 provinsi di Indonesia dalam Festival Kuliner Nusantara (FKN) 2017. Acara ini digelar di area parkir Mall Artha Gading, Jakarta Utara.

Baca Juga : Hari Ini Festival Jajanan Pasar Nusantara 2016 Dimuali di Yogyakarta

Di Festival Kuliner Nusantara Ini Ada Makanan Khas dari 10 ProvinsiFoto: detikfood

"Festival masakan ini digagas, sebagai salah satu ajang untuk mempromosikan masakan Indonesia. Di bidang pemasaran Kementerian Pariwisata, masakan menjadi salah satu produk wisata, dan memiliki daya tarik tersendiri untuk wisatawan," tutur Esthy Reko Astuty, Selaku Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata (Kemenpar), dalam pembukaan FKN 2017 (05/08/17).

Festival ini dikemas dengan konsep wisata masakan yang menampilkan makanan khas tempat tertentu yang jarang ditemukan di luar tempat tersebut. Pembukaan pameran ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota Jakarta Utara, Junaedi, yang menyambut baik kehadiran FKN tahun ini di Jakarta Utara.

"Sebagai wilayah Jakarta, yang memiliki 12 destinasi pesisir, kami juga mengharapkan pemberian Kementerian Pariwisata untuk membantu mempromosikan destinasi wisata pesisir dan kelautan ini sebagai destinasi wisata internasional," ungkap Junaedi. Menurutnya program pameran ini seharusnya lebih panjang, sehingga warga yang tinggal di Bogor, Depok, Tangerang mampu datang ke FKN.

Di Festival Kuliner Nusantara Ini Ada Makanan Khas dari 10 ProvinsiFoto: detikfood

Untuk makanan dan minuman, yang disajikan sangat beragam. Ada makanan khas Bangka, Taliwang, Gorontalo, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Aceh, Sumatera Barat, Bali, Sulawesi, dan tempat lainnya. Mulai dari sate pusut dari Lombok, sampai rendang jengkol dari Padang, semuanya mampu dicicipi pengunjung. Selain makanan, terdapat juga aneka kue-kue lembap dan camilan, menyerupai pempek yang terbuat dari rumput laut juga kudapan manis apang Colo khas Gorontalo.

Festival masakan ini juga dimeriahi oleh banyak sekali hiburan menyerupai Bondan Prakoso Band, demo memasak dari chef Andrew Karmajana, chef Ganesha Pideksha, chef Kenny Rianto, dan chef Luthfi Karismanto serta beberapa lomba lainnya.

Di Festival Kuliner Nusantara Ini Ada Makanan Khas dari 10 ProvinsiFoto: detikfood

Dengan pameran ini, Kemenpar mengharapkan bahwa ikon masakan dari Indonesia mampu dikenal di kancah nasional dan mancanegara. Juga mendorong sektor pariwisata di tempat tersebut.

Subscribe to receive free email updates: