iklan

Resep Membuat Kue Putu yang Lezat




Kue putu yakni hidangan tradisional Indonesia yang tentu pernah menghias masa kecil Anda. kini kudapan manis dari tepung beras ini seolah-olah menghilang ditelan zaman. Berikut ini yakni resep membuat jajanan kudapan manis putu tanpa harus menggunakan cetakan bambu.

Bahan-Bahan:
200 gram tepung beras
100 ml air
½ sdt garam
Daun pandan
100 gram gula merah
Kelapa parut secukupnya 

Cara Membuat:
1. Pertama-tama, rebus air dan daun pandan ke dalam air larutan garam sampai mendidih. Setelah mendidih, matikan kompor dan biarkan sampai suhu air turun menjadi hangat
2. Tuangkan air hangat tersebut ke dalam ember berisi tepung beras. Aduk kedua materi tersebut sampai muncul gumpalan-gumpalan bernafsu pada tepung.
3. Ayak tepuk tersebut dengan menggunakan saringan kawat. Haluskan gumpalan-gumpalan tersebut menjadi butiran yang halus dengan menggunakan sendok.
4. Potong gula merah sampai menjadi potongan-potongan kecil.
5. Masukkan tepung beras yang telah dihaluskan tadi ke dalam cetakan sebanyak 1/3 takaran. Tambahkan potongan-potongan gula merah di atasnya.
6. Timbun gula merah tersebut dengan sisa tepung sampai memenuhi wadah cetakan. Masukkan cetakan-cetakan tersebut ke dalam kukusan, dan kukus selama 40 menit.
7. Setelah 40 menit berselang, angkat kudapan manis putu, keluarkan dari cetakan dan sajikan bersama kelapa parut

Subscribe to receive free email updates: