iklan

Ini 10 Fakta Unik Tentang Pemilik hingga Resep KFC (1)

Foto: IstimewaFoto: Istimewa

Jakarta - Anda penggemar KFC? Restoran fast food ini memang sangat terkenal di berbagai negara. Ternyata ada fakta menarik tentang KFC, mulai dari sang pemilik hingga resepnya.

KFC sangat populer dengan sajian ayam berlapis tepung yang renyah. Rasanya yang gurih, dan pemasarannya yang sangat baik membuat usaha yang didirikan oleh Kolonel Sanders makin berkembang di berbagai negara. Dikutip dalam The Daily Meal, ini beberapa fakta menarik dari KFC.

1. Memperkenalkan ayam ke industri makanan cepat saji

Ini 10 Fakta Unik Tentang Pemilik hingga Resep KFC (1)Foto: Istimewa

Sebelum KFC datang, makanan cepat saji identik dengan hamburger dan kentang goreng. Sedangkan ayam hanya dimasak secara tradisional secara rumahan atau dimakan di restoran keluarga. Dulu, ayam goreng tidak dianggap sebagai "makanan cepat saji" karena dibuatnya tidak cepat. Membuat ayam goreng perlu proses yang cukup panjang, bahkan dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk mempersiapkannya.

2. Pemasak pertama dengan pressure fryer
Kolonel Sanders merupakan salah satu pemasak pertama yang menggunakan penggorengan bertekanan tinggi. Kompor bertekanan tinggi ini dilepaskan secara komersial pada tahun 1939 dan Sanders memodifikasinya menjadi alat penggoreng bertekanan. Meski memiliki risiko meledak yang lebih tinggi, Sanders mulai menggunakannya secara ekslusif. Karena menurutnya, rasa yang dihasilkan sangat optimal ketika digoreng dengan menggunakan alat ini.

3. Punya hal istimewa di tangannya

Ini 10 Fakta Unik Tentang Pemilik hingga Resep KFC (1)Foto: Istimewa

Selama bertahun-tahun, Sanders Court and Cafe adalah institusi lokal. Akan tetapi ia dapat membaca peluang, saat itu sedang ada pembangunan jalan raya di dekatnya akan membuat bisnisnya menjadi besar. Selama bekerja beberapa tahun berikutnya, Sanders berkeliling negeri dengan menjual resepnya di restoran di kota kecil dengan imbalan 2 sen setiap ayam yang terjual. Ia memulai usaha dengan model waralaba, ia membiarkan pemilik gerai menggunakan namanya dan kini ternyata ia sudah memiliki banyak sekali cabang di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia.

4. Pete Harman dan Colonel Sanders
Saat melewati Salt Lake City pada tahun 1952, Sanders bertemu dengan seorang pria bernama Pete Harman yang memiliki gerai burger sukses dengan nama Do Drop Inn. Sanders membujuk Harman untuk franchise pertamanya dan segera setelah itu, olahan ayam Sanders dijual di restoran. Selama beberapa tahun ke depan, Harman dan Sanders bekerjasama untuk mengembangkan sistem waralaba yang akan membawa ke rantai kesuksesan begitu banyak. Tentu dengan pelatihan hingga panduan produk. Dan Harman juga menyumbangkan beberapa gagasan dengan mengembangkan bucket pada tahun 1957 dan motto 'It's finger lickin'good'." Harman keumudian mengoperasikan lebih dari 200 lokasi KFC di 4 negara bagian.

5. Pencipta nama "Kentucky Fried Chicken"

Ini 10 Fakta Unik Tentang Pemilik hingga Resep KFC (1)Foto: Istimewa

Harman memutuskan untuk mengubah nama restoran untuk menyoroti hidangannya dengan menonjol. Pelukis bernama Don Anderson, punya ide untuk sebuah nama yang memunculkan kesan "eksotis" serta keramahan masyarakat bagian Selatan yaitu : Kentucky Fried Chicken.

Subscribe to receive free email updates: