iklan

Resep Cake Kukus Pisang Zebra Hijau & Coklat

gram
Resep Cake Kukus Pisang Zebra Hijau & Coklat




Bahan:
- 650 gram pisang ambon, emas, raja atau kepok yang sangat matang, hancurkan sampai lumat
- 3 butir telur ukuran besar, kocok lepas
- 2oo ml minyak sayur atau zaitun
- 200 gram gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 350 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah (misal Segitiga Biru atau Kunci Biru)
- 2 sendok teh baking powder (pastikan fresh, double acting dan cek masa kedaluarsanya)
- 1/2 sendok teh baking soda
- 1/2 sendok teh vanili bubuk atau 1 sendok teh vanila ekstrak
- 2 sendok teh pasta coklat (saya menggunakan pasta Black Forrest)
- 2 sendok teh pasta pandan hijau

Cara membuat:
Siapkan loyang lingkaran diameter 20 cm. Olesi mentega dan taburi tepung pada permukaannya. Sisihkan. Siapkan dandang kukusan, beri air agak banyak. Panaskan sampai air mendidih. 


Siapkan mangkuk, masukkan materi kering ibarat tepung terigu, garam, vanili bubuk, baking powder dan baking soda. Aduk sampai rata menggunakan spatula.

Siapkan mangkuk besar, masukkan pisang lumat, gula, minyak dan telur kocok, aduk menggunakan spatula sampai tercampur dengan baik. Tuangkan campuran tepung ke dalam adonan pisang bagi dalam dua tahap. Aduk perlahan dengan spatula sampai tercampur baik.

Note: kalau tepung bergumpal-gumpal, mikser sebentar dengan kecepatan rendah sekitar 1 menit sampai tepung bercampur baik dan gumpalan hilang.

Bagi adonan menjadi dua bagian, satu bab diberi dengan pasta coklat atau pasta black forrest sementara bab lainnya diteteskan dengan pasta pandan hijau. Aduk sampai tercampur rata. 

Menggunakan sendok sayur tuangkan satu sendok adonan coklat ke dasar loyang. Kemudian dengan sendpk sayur yang memiliki ukuran yang sama ambil adonan hijau dan tuangkan secara hati-hati di atas adonan coklat yang telah kita tuangkan sebelumnya di loyang. Lakukan acara ini secara berselang-seling sampai hampir mencapai tinggi loyang. Jika anda menggunakan loyang lingkaran diameter 20 cm maka adonan mampu untuk dua buah loyang cake.

Masukkan loyang berisi adonan ke dalam kukusan yang telah panas mendidih. Tutup permukaannya dengan kain bersih yang menyerap air. Tutup rapat dengan penutup kukusan.

Kukus selama minimal 45 menit dengan api sedang tanpa dibuka sama sekali selama proses pengukusan. Jika cake telah matang, keluarkan dari dalam kukusan, biarkan sejenak sampai hilang uap panasnya. Balikkan cake di piring dan potong-potong sesuai selera.

Cake siap disajikan. Yummy!


Sumber:justtryandtaste

Subscribe to receive free email updates: