iklan

Mau Jadi Vegetarian? Ini 9 Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan

Foto: iStockFoto: iStock

Jakarta - Kini makin banyak orang yang jadi vegetarian. Mereka hanya mengonsumsi buah dan sayur sehari-hari. Jika ingin menjalaninya, coba pertimbangkan 9 hal ini dulu.

Mengurangi konsumsi daging merah dan beralih pada makanan berbasis nabati kini semakin banyak dilakukan orang. Hal ini dianggap mampu membuat badan lebih sehat dan lebih baik untuk lingkungan. Metro.co.uk (1/10) telah merangkum 9 hal yang perlu Anda tahu bila ingin ikut beralih menjadi seorang vegetarian.

1. Rencanakan menu
Rencanakan semua menu makan Anda dan buatlah daftar bahan-bahan yang harus dibeli. Bagi pemula, membuat menu vegetarian mungkin akan terasa rumit di awal, tapi Anda mampu melihat banyak inspirasi resep vegetarian di Pinterest sampai Instagram. Banyak resep vegetarian praktis yang mampu diikuti untuk pemula.

Mau Kaprikornus Vegetarian? Ini 9 Hal yang Perlu Anda PertimbangkanFoto: iStock

2. Minta bantuan
Cari tahu mengenai segala hal yang menyangkut vegetarian. Anda mampu bertanya kepada mereka yang sudah berpengalaman atau bahkan mampu bergabung dengan komunitas atau organisasi yang seluruh anggotanya ialah vegetarian.

3. Siap hadapi pertanyaan
Bersiaplah menjawab pertanyaan membosankan seputar makanan ketika Anda memutuskan jadi vegetarian. Banyak orang akan mempertanyakan asupan protein maupun zat besi Anda. Solusinya, Anda mampu menjelaskan makanan yang memang mampu memenuhi asupan keduanya menyerupai kacang-kacangan dan sayuran hijau.

Mau Kaprikornus Vegetarian? Ini 9 Hal yang Perlu Anda PertimbangkanFoto: Istimewa

4. Makan di restoran
Makan di restoran vegetarian mampu jadi pertimbangan. Di sini Anda mampu mencicip banyak makanan enak yang seluruh bahan-bahannya nabati. Pilihan lainnya, datangi restoran-restoran yang punya banyak pilihan menu salad.

5. Pilih asupan makanan
Mengganti daging dan ikan dengan produk susu dan telur saja tidak cukup. Cobalah untuk menyukai kacang-kacangan dan tahu. Keduanya merupakan sumber protein dan nutrisi yang lezat dan bergizi. Bila perlu, konsumsi komplemen atau vitamin tertentu.

Baca juga: Rasanya Tak Selalu Hambar, Makanan Vegan Juga Diolah dengan Rasa Enak

6. Tambahkan bumbu dan rempah
Menambahkan cabai, tomat kering, miso, minyak zaitun, rempah-rempah dan kacang pinus mampu jadi pilihan untuk memperkuat rasa makanan Anda.

Mau Kaprikornus Vegetarian? Ini 9 Hal yang Perlu Anda PertimbangkanFoto: iStock

7. Cari makanan alternatif
Saat memulai perjalanan sebagai vegetarian, Anda mampu mengganti daging dengan sosis, bacon, ayam dan fish fingers imitasi khusus vegetarian. Semuanya dibuat tanpa daging dan tentu saja menggunakan materi nabati.

8. Terbuka pada makanan baru
Dalam dunia vegetarian Anda mungkin akan menemukan hidangan, rasa dan materi dari banyak sekali kepingan dunia yang mungkin akan disukai.

9. Cicip makanan vegetarian ketika liburan
Ketika liburan, pastikan mencari tahu terlebih dahulu makanan setempat. Mungkin saja ada hidangan khusus vegetarian yang mampu Anda coba.

Subscribe to receive free email updates: